Rabu, Desember 15, 2010
0
     Sekarang chating udah jadi hal yang lumrah. Hampir semua layanan internetan menyediakan layanan internetan menyediakan layanan Chating. Chat room merupakan tempat dimana pengguna internetan melakukan interaksi. Namun awas, ruang mengobrol virtual ini juga menyisakan sisi negatif yang akan sangat berbahya jika tidak diwaspadai. 

Berikut 7 langkah cerdik untuk bergaul di chat room.
  1. Ingatlah selalu bahwa apapun yang anda tuangkan di chat room itu selalu realitisme dan tidak bisa di-delete setelah di-posting . Artinya, sebelum anda mem-posting suatu hal sebaiknya dipikir-pikir lagi apakah itu akan menjadi suatu masalah ke depannya atau tidak.
  2. Jangan publikasikan informasi yang sifatnnya personal. Seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, atau data pribadi lainnya.
  3. Jika ingin kopi darat dengan seseorang, ajaklah teman atau kerabat untuk menemui anda, dan sebaiknya pilih yang lebih dewasa. Jangan lantas terlena dengan sosok fisik di gambar yang orang itu gunakan di Chat Room, dan bertemulah di tempat umum.
  4. Jangan umbar kegiatan sehari-hari anda. Seperti mau kemana anda hari ini dan aktivitas pribadi lainnya.
  5. Pakailah nickname (nama panggilan/inisial). Ingatlah selalu bahwa internetan itu terkenal dengan anonymous-nya.
  6. Jika ada seseorang yang muali aneh-aneh dan menakutkan, sebaiknnya langsung blokir dan jangan direspon.
  7. Hindarilah room-room yang topik pembicaraannya membahas seputar seks. Hal ini akan sangat berbahaya, terlebih bagi anakl-anak dan perempuan, sebab forum seperti itu kerap kali menjadi predator sex atau pedofilia.

0 komentar:

Posting Komentar