Minggu, Februari 27, 2011
0
TOKYO - Kabar gembira bagi pecinta hewan anjing. Para ahli Jepang berhasil membuat alat yang diklaim dapat mendeteksi emosi yang dihasilkan dari gonggongan anjing.

Seperti diberitakan Telegraph.co.uk, Selasa (21/7/2009), alat bernama Bowlingual Voice itu diproduksi oleh sebuah perusahaan produsen mainan Takara Tomy. Alat itu dapat menganalisa nada gonggongan anjing kemudian menerjemahkannya dalam bahasa manusia. @ Reza Muzay Blog

Alat itu fokus mendeteksi enam emosi anjing, termasuk sedih, gembira, dan frustasi. Selain itu alat juga menyimpan rekaman kalimat yang berisi keinginan anjing, seperti "bermainlah bersama saya."

Dalam penggunaannya sebuah mikrofon diletakkan di bawah leher anjing dan sebuah layar yang berfungsi sebagai receiver, dipegang sang pemilik.

Saat anjing menyalak, mikrofon akan merekam suara dan mengirim data kepada alat yang dipegang pemilik. Alat itu kemudian akan menerjemahkan apa yang dikatakan anjing.

Bowlingual Voice diklaim merupakan penyempurnaan dari alat dengan fungsi yang sama yang diperkenalkan sejak tujuh tahun lalu. Alat ini akan dijual di Jepang mulai bulan depan dengan harga sekira Rp2,1 juta.

Sumber : http://blogonol.blogspot.com/2011/02/alat-penterjemah-bahasa-anjing.html

0 komentar:

Posting Komentar