Sabtu, November 01, 2014
2
sc

Ketika berpikir tentang jaringan komputer, kita mengarahkan pikiran kita pada router, server, kabel serat optik, laptop dan smartphone. Sebenarnya, hal-hal tersebut –k yang biasa disebut internet– hanyalah bagian kecil dari konsep jaringan. Ada jaringan rahasia yang dimiliki militer, jaringan nirkabel ad hoc, dan banyak perusahaan yang memiliki jaringan yang mengatur berbagai hal mulai dari yang bersifat ‘sepele’ sampai yang sangat penting dan rahasia.
Sementara itu, unit layanan darurat memiliki jaringan sendiri yang sifatnya tertutup, layanan pemesanan tiket juga tergabung dalam suatu jaringan yang besar. Sebagian besar gedung modern dan kota metropolitan memiliki jaringan kamera CCTV.
Pada saat ini, hampir seluruh jaringan tersebut tidak terhubung satu sama lain – tapi apa jadinya jika semua jaringan tersebut terhubung? Bagaimana bila kita mengembangkan lebih jauh sehingga internet tak hanya dihuni oleh manusia, tetapi oleh semua benda?
Bayangkan seandainya semua hal di dunia terhubung ke dalam sebuah jaringan yang sama. Setiap komputer, mobil, makanan, manusia. Bayangkan kemungkinan-kemungkinan yang ada dari kombinasi dan korelasi data-data tersebut. Begitu bangun tidur, Anda bisa mengetahui informasi lalu lintas secara real-time melalui smartphone. Anda juga bisa mengetahui seperti apa kondisi cuaca (dan kualitas udara) di kantor atau kampus Anda. Dari rumah, Anda bisa mengetahui harga setiap bahan makanan berikut lokasi penjualnya.
Singkatnya, efisiensi hidup kita akan meningkat secara drastis. Kita tak perlu lagi bepergian ke suatu tempat atau menelpon seseorang untuk mengetahui sebuah informasi. Semuanya sudah terkumpul, tersimpan dan tersaji sehingga dapat diakses kapan saja dan dari manapun. @RMBlog
Internet of things tak hanya digunakan oleh manusia saja, setiap benda juga dapat mengambil manfaat. Sebagai contoh, mobil Anda dapat berkomunikasi dengan mobil lain sehingga tabrakan dapat dihindarkan. Setiap kendaraan saling menghindar satu sama lain dengan mempercepat atau memperlambat secara otomatis. Lemari es dapat terhubung dengan supermarket untuk mengatur pembelian makanan. Dengan ‘internet of things’, kita dapat membubuhkan kata ‘smart’ pada setiap hal dengan mudah. Smart car, smart home, smart market, bahkan smart city.
Akan tetapi, tentu saja membuat jaringan yang mampu mendukung semua itu merupakan sesuatu yang monumental dan kolosal. Mungkin saja –bukan sesuatu yang mengejutkan– jika sudah ada sejumlah pihak yang mulai mewujudkan cita-cita tersebut.
From : http://konekthing.com/blog/blogmore?id=55

2 komentar:

  1. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

    BalasHapus