Minggu, Oktober 24, 2010
0




Aliran Sulap :
Mentalism
Kemahiran yang merupakan kekuatan spesial untuk dapat memprediksi, menemukan, mengubah, menggerakkan, mempengaruhi, dll, suatu benda atau orang lain, sering kali berdasarkan prinsip matematik, fisika, kimia, psikologis dan dapat dijelaskan secara logis. Kita semua sudah tahu siapa contohnya di Indonesia, yaitu si Dedy Corbuzier. Deny Darko juga bisa dikatakan seorang mentalis sama seperti Dedy Corbuzier.

Mathemagic
Pertunjukan sulap yang mengkombinasikan sulap dengan matematika. Joe Sandy yang pernah membuat kotak berisi angka yang jumlahnya secara vertical horizontal sama, atau Deny Darko yang menghitung jumlah angka yang disebut penonton bisa dikatakan memeprtunjukan sulap jenis ini.





Illusion
Kemahiran menggunakan peralatan ilusi untuk membuat sesuatu yang mustahil seolah2 benar terjadi. Contohnya adalah Demian sang Illusionis

Sleight of hand
Permainan yang mengandalkan kecepatan tangan pesulap untuk menghilangkan dan memunculkan suatu benda, contohnya Rhomedal sama Aldy Sungkar waktu bermain manipulasi kartu, tongkat, uang, dan sebagainya.

Sulap Klasik
Pesulap yang mengandalkan kecepatan tangan dan skill yang tinggi dalam penampilannya. Banyak menggunakan sleight of hand dan manipulasi. Tapi sulap klasik ini juga banyak menggabungkan beberapa unsur Sulap seperti ilusi, buktinya main sulap burung memakai bird cage.

Cardician
Kemahiran memainkan kartu untuk dapat menemukan kartu yang dipilih, menghilangkan kartu, mengubah kartu, dll. Contohnya adalah Demian, selain Illusionis dia juga bisa dkatakan sebagai cardician.

Escapology
Escapology adalah pertunjukan sulap yang mengkhusukan diri dengan pertunjukan sang pesulap melepaskan diri dari jeratan atau kurungan. Misalkan sang pesulap dimasukan ke dalam tabung berisi air sambil dirantai. Setelah tabung ditutup kain, sekian menit kemudian setelah suasana mulai tegang sang pesulap tahu-tahu sudah bebas. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah Harry Houdini. Salah satu pesulap the Master namanya Angelina Zhi juga pernah mempraktekan tipe pertunjukan escapology ini. Jeratan yang ia gunakan adalah jeratan baju yang biasa dikenakan pada orang gila di Rumah Sakit Jiwa.

Pick Pocket
Kemahiran "memindahkan" barang yang dimiliki atau dipakai orang lain, tetapi hanya sebagai hiburan dan tidak bermaksud mencuri. Contohnya adalah Romy Rafael yang waktu itu pernah memainkan di The Master.

Bizarre
Kemahiran menggunakan cerita dan kata-kata untuk menyentuh perasaan penonton secara mendalam. Mengucapkan menggunakan peralatan-peralatan yang berkaitan dengan efek-efek mistis , fantasi dan horror pada pertunjukannya. Limbad juga bisa dikatakan sebagai pesulap Bizzare karena dia selalu membawa efek-efek mistis dalam pertunjukkannya.

Fakir Magic
Fakir Magic adalah aliran yang kono berasal dari India dimana sang pesulap seolah mempunyai sebuah kekuatan supernatural. Dia bisa tahan terhadap goresan pedang atau benda tajam lain. Tiduran di atas paku dan trik aneh lainnya. Seperti yang dikatakan Dedy Corbuzier, Limbad adalah salah seorang pesulap Fakir Magic. Dia bisa tidak luka mendaki tangga dari pedang dan bahkan dilindas semacam buldoser tanpa luka. Pesulap ini tidak akan pernah membeberkan rahasianya. Dia memang sengaja meninggalkan kesan misterius di depan penonton dan membuat penonton bertanya-tanya bagaiman hal itu bisa dilakukan.

Balloon Twisting
Kemahiran meniup dan menekuk balon untuk dibentuk menjadi berbagai macam benda seperti binatang, bunga, topi dll.Contohnya adalah Deddy Corbuzier dalam acara Master Mentalist, dya pernah membuat sebuah balon biasa menjadi bentuk binatang.

Gospel
Aliran yg digunakan oleh missionary untuk menyebarkan agama, menggabungkan sulap dengan kotbah agama.. berasaskan kitab suci (katanya!!!)

Tricks
Permainan dengan mengandalkan peralatan sulap untuk menghilangkan, memindahkan, memunculkan, mengubah dan sebagainya suatu benda.

Online Magic Trick
Sulap modern dimana pesulapnya adalah program computer. Biasanya trik yang digunakan hanyalah ilusi mata saja.contohnya ini ( pikirkan salah satu karakter asli / kartun disana)

Tipe Pertunjukan Sulap
  1. Stage Illusion Di sini pesulap tampil di depan penonton dalam jumlah banyak dan dilakukan di dalam ruangan atau panggung yang sangat besar. Tipe sulap ini biasanya menggunakan property-properti besar, hewan-hewan yang tidak biasa seperti harimau atau gajah serta menggunakan bantuan asisten dan model. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah David Copperfield.
  2. Platform Magic [biasa juga disebut Cabaret Magic atau Stand-up Magic] Berbeda dengan yang pertama, platform magic adalah sebuah pertunjukan sulap yang biasanya diadakan di hadapan penonton yang jumlahnya tidak terlalu besar seperti di club atau café. Properti yang digunakan cukup simple seperti koin, kartu, tali, atau kain. Kalaupun menggunakan binatang biasanya pesulap menggunkan binatang kecil semacam merpati atau kelinci.
  3. Micro Magic [biasa juga disebut Close up Magic atau Table Magic] Di pertunjukan sulap ini jarak antara pesulap dan penonton sangat dekat. Seringnya justru malah penonton diajak turut serta memainkan sulap berhadapan dengan sang pesulap di sebuah meja. Propertiyang digunakan sangat sederhana seperti kartu atau koin. Dedy Corbuzier menampilkan tipe pertunjukan seperti ini dengan mengajak VJ Marissa di acara final the Master sesi 2. Pesulap Indonesia yang juga sering menggunakan model ini adalah Damian. Hanya saja Damian lebih sering mempertunjukan Street Magic.
  4. Theatrical Seanches Tipe pertunjukan ini sangat kental suasana mistisnya. Di sini seolah-seolah pesulap berhubungan dengan arwah orang yang sudah meninggal dan setelah itu sang pesulap menjadi bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.
  5. Children Magic Pertunjukan sulap yang ditujukan untuk anak-anak sebagai penontonnya.
  6. Street Magic Sulap yang dilakukan tidak di atas panggung dan menggunakan orang yang ditemui sang pesulap sebagai sukarelawan secara acak dalam pertunjukannya. Tempat sulap ini misalnya di jalan atau taman atau tempat-tempat lain. Istilah Street Magic dipolerkan oleh David Blaine lewat acaranya yang ber-tajuk Street Magic itu. Di Indonesia juga ada pesulap Street Magic yaitu Damian. Street Magic murni digunakan untuk konsumsi TV dengan target menangkap kekaguman para sukraelawan yang diajak secara tiba-tiba itu.
  7. Corporate Magic Pertunjukan sulap yang dipesan untuk mengiklankan sesuatu. Lagi-lagi Dedy Corvuzier adalah contohnya di pertunjukan sulapnya di acara the Master dia selalu sambil mengiklankan produk oli sponsor acara itu.
Kesimpulan
Sekalipun ada beberapa aliran sulap dan mungkin masih belum tertampil di atas akan tetapi para pesulap terkadang tidak terlalu saklek pada aliran yang dia ikuti. Memang Dedy Corbuzier tampak mengkhusukan diri sebagai mentalist meskipun pada awal kemunculannya dia juga menunjukan kesan seolah dia juga penganut Bizare Magic dengan kemampuan membengkokkan sendok hanya dengan di tatap. Limbad yang juga tampak mengkhusukan diri di Fakir Magic juga di pertunjukan Final The Master 2 berubah menjadi escapologist saat beraksi membebaskan diri dari rantai.
Pertanyaan yang belum saja temukan jawabannya apakah hipnotis seperti yang dilakukan Romy Rafael juga termasuk sulap? Karena seperti yang kita lihat hipnotis yang dia lakukan kadang seolah Cuma acting saja dan cenderung itu-itu saja.

0 komentar:

Posting Komentar