Skip to main content

10 Fakta Mengenai Formula 1

Apabila menonton Formula 1 biasanya kita cuma memperhatikan jumlah putaran, berapa jumlah waktu yang ditempuh untuk satu putaran, posisi para pembalap, dll. Tapi dibalik itu banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kita ketahui dalam Formula 1. ini dia beberapa diantaranya.
 

1. Dalam 1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2 Kg. Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain.

2. Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan sebanyak 28 ton. Terdiri atas spare parts, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team.


3. 100 radio komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop.

4. Jarak pengereman yang dibutuhkan mobil-mobil F1 dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya sendiri. Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 detik.


5. Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius.

 


6. Pembalap F1 memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. Dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear.
 


7. Jumlah putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan 2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara seluruh dunia.

8. Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km.

9. Khusus di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya” melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi.
 


10. Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Trick Bermain Left 4 Dead Multiplayer

Cara Bermain Left 4 Dead 1 LAN, Multiplayer, 1 Warnet, Bareng - Bareng, gini nih caranya,.,.,,.,.,.,.

Buat LAN play ada cara khususnya, soal menu LAN nya secara default gak nongol. Caranya, pertama-pertama aktifkan dulu console mode nya biar bisa masuk ke console. Caranya, tambahin -console di parameter pada shortcut Left 4 Dead nya (mis: C:\Program files\Left 4 Dead\Left4dead.exe -console)

terus di dalam menu utama, buat buka console, teken tombol tekan ( ~ ) letaknya disamping no 1 diatas (Tab) dibawah (Esc). @ Reza Muzay Blog

Untuk server:

1. Pastikan anda tahu alamat IP anda (buka command prompt lalu ketik "ipconfig /all", tanpa tanda petik

2. Masuk ke L4D (Left 4 Dead)

3. Buka console, dan ketik command-command berikut ini:


sv_lan 1 (tekan submit atau enter)
sv_allow_lobby_connect_only 0 (tekan submit atau enter)
net_start (tekan submit atau enter) map [map yg dituju] (tekan tombol ke bawah, trus cari tempat yang kamu sukai,,, lalu tekan submit atau enter)

4. Comm…

Lembaga-Lembaga Internasional Dan Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Internasional

Berdasarkan jumlah Negara yang menjalin kerja sama, bentuk kerja sama dapat dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
Kerja sama bilateral, yaitu kerja sama antara dua Negara berdasarkan perjanjian-perjanjian tertentu. Contoh : kerja sama di bidang perdagangan antara Negara Indonesia-Jepang, Indonesia-Singapura, dan lainnya. @ Reza Muzay BlogKerja sama multilateral, yaitu kerja sama antara Negara-negara di dunia berdasarkan perjanjian yang telah disepakati bersama. Kerja sama multiteral terbagi menjadi dua, yaitu kerja sama regional dan kerja sama internasional.kerja sama regional, yaitu kerja sama beberapa Negara yang berada di dalam satu kawasan atau wilayah. Contoh : Associan of Southeast Asian Nations (ASEAN), European Uniln (UE), dan sejenisnya.Kerja sama internasional, yaitu kerja sama beberapa Negara tanpa melihat jumlah peserta dan tidak terbatas pada wilayah Negara anggota. Kerja sama internasional meli…

Tips Ampuh Agar Setelah Bangun Tidur Badan Tidak Terasa Sakit

Pasti dari agan agan yang ada disini pernah merasakan nyeri di leher, punggung, dan bahu saat bangun pagi? Jika iya, maka coba perbaiki posisi tidur dan tata letak bantal kita.

Rasa letih setelah seharian kerja membuat kita ingin langsung merebahkan diri di atas kasur dan segera tidur. Namun, yang terjadi keesokan harinya malah badan terasa nyeri semua. Jangan langsung menyalahkan kualitas tidur kita saja, tapi periksalah posisi tidur dan bantal kita terlebih dahulu. Posisi tidur yang benar adalah kunci untuk bisa bangun segara pada pagi hari tanpa rasa nyeri atau sakit.

* Untuk yang tidur menyamping, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, maka tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang.

* Untuk yang tidur telentang, pertahankan kontur normal tulang belakang dan buat lutut kita lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala d…