Menuangkan Inspirasi Dan keinginan

Friday, January 14, 2011

Macam – macam web browser Yang Digunakan Untuk Menjelajah Internet


Mungkin sebagian dari rekan-rekan yang masih agak awam dengan jelajah internet masih berpersepsi bahwa browser adalah Internet Explorer, yang sekarang sudah mulai merilis versi kedelapan meskipun masih beta. Ternyata ada banyak sekali browser yang dapat rekan-rekan gunakan sebagai jendela untuk mengakses informasi dari dunia maya.
Mungkin saja anda memakai satu jenis web browser saja sejak mengenal internet, dan ketika dihadapkan komputer lain (diwarnet misalnya), dengan komputer dengan sistem operasi linux yang default web browsernya rubah api(firefox), anda sedikit canggung memakainya dan meminta memilih memakai web browser dengan logo huruf ‘e’kecil berwarna biru.
Namun sesungguhnya kegunaan web browser adalah sama.Di internet banyak betebaran macam-macam  web browser dengan beberapa kelebihan dan kekurangan, dengan mencobanya satu persatu, lalu berganti memakai web browser jenis lain secara berkala anda dapat mengenali behaviournya masing-masing dan apa saja macam-macam web browser tersebut, ini dia list yang berhasil kami rangkum:
  • Mozilla Firefox
dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Kelebihan :
  • Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Hemat resource memory
Kelemahan:
  • Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall
Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox. Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup.
 
Internet Exporer
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.
Kelebihan:
  • Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
  • Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kekurangan:
  • Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
Menurut saya browser ini kurang bandel. Saya jarang (baca:takut) menggunakan IE8 karena pernah terserang virus saat browsing menggunakan browser ini. IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker
  • Safari
Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3
Kelebihan :
1. Fitur terbaru yang menarik adalah penerapan Nitro Engine. Dengan aplikasi ini browser bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat karena Nitro Engine dapat mengeksekusi java script delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya.
2. Safari dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
3. Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.
Kekurangan :
1. Tampak aneh sebagai aplikasi Windows, jika anda pertama kali menggunakannya.
2. Tak ada fitur restore kalau Safari hang.
3. Adanya bug pada Safari telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing .
 http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSgDyx-HF7UpHAZ3LpIuoJabKOIc9_m9GoAo3DelKR8poqEBdCU
  • Flock
Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
Kelebihan:
1. Ada menu tersendiri(photo uploader) untuk upload foto ke situs layanan jaringan sosial misal : Facebook , Flickr , Twitter , Myspace .
2. Terintergrasi langsung dengan situ jejaring sosial
3. Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
4. Cek email melalui menu webmail
5. Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda .
Kekurangan:
1. Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama (nggak selama itu kok gann
2. Skin Flock pun saat ini masih terbatas, tapi jangan khawatir, perkembangannya bakal sepesat Firefox kok !!
  
  • Opera
Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
Kelebihan:
  • Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Pemanggilan kembali Cache cepat
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Opera 10 memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat
(-) Kekurangan:
  • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
Kesimpulan:
Untuk download direkomendasi pakai Firefox. Lebih oke dan terintegrasi dengan IDM (Internet Download Manager). Selain itu, firefox juga cocok untuk PC dengan memory resource yang kecil. Karena browser ini hemat dalam penggunaan memory.
Untuk browsing, pakai Opera atau Firefox. Tapi menurut saya, caches system-nya Opera terbaik dari ketiga browser diatas, jadi jika ada halaman web yang sudah pernah Anda kunjungi, maka Opera akan terbuka lebih cepat. Opera juga cocok jika anda berinternet menggunakan kuota/bandwitdh. Jika koneksi internet lambat, Opera bisa mengkompres halaman web dengan mengaktifkan fitur "Turbo", sehingga halaman web bisa terbuka lebih cepat dan hemat.Untuk pengalaman web browsing yang berbeda, gunakan Google Chrome.Jika Anda banyak menggunakan layanan dari Microsoft, Windows Live, Hotmail dan MSN, gunakan IE8 karena sangat integrated dengan browser ini.

  • K-Meleon
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.
Kelebihan :
  • Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Hemat resource memory
Kekurangan :
  • Kurang cocok untuk membuka facebook, akan ada peringatan bahwa versi browser yang digunakan versi lama (padahal yang dipake adalah k-meleon terbaru)
  • Agak repot untuk menambahkan plugin/add on jika dibandingkan dengan Firefox, walaupun sudah ada beberapa plugin yang terpasang secara default
  • Untuk menambah/menutup tab perlu beberapa kali klik mouse, walaupun masih bisa juga dengan shortcut keyboard
  • Google Chrome
Kelebihan:
  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
  • Desainnya simpel dan minimalis
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
Kekurangan:
  • Statis, fiturnya kurang banyak
Menurut saya Chrome lebih cocok untuk membuka situs-situs berita seperti eramuslim.com, detik.com, okezone.com dan situs-situs portal sejenis. Biasanya situs-situs tersebut lebih banyak content teksnya dibandingkan content multimedia, sehingga aksesnya mudah dan lebih cepat.
  • SeaMonkey
SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.
Kelebihan
:
multi fungsi
Kekurangan
:
ada beberapa web yang tidak mau dibuka
  • Netscape Navigator
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.
Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.

Kelebihan:
  • Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh
  • Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download Sistem security kuat
Kekurangan:
  • Secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar)
  • Camino
Camino, Mozilla Power Mac Style. Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.
  • Konqueror
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
  1. FTP and SFTP/SSH browser
  2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
  3. HTTP browser
  4. IMAP mail client
  5. ISO (cd image) viewer
  6. VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk  mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages

SoraTemplates

Best Free and Premium Blogger Templates Provider.

Buy This Template