Show/Hide

Keunikan Pagoda Di Semarang

Ada yang unik saat Anda lewat di kawasan Watugong, Semarang. Sebuah bangunan menara Pagoda setinggi 45 meter akan mencuri perhatian siapa saja yang lewat. Jika Anda masih ingat film dari negeri Tiongkok "Siluman Ular Putih" yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta nasional, maka kuil Pagoda banyak menjadi lokasi latar setting-nya.

Telusuri Keunikan Pagoda di Semarang

Pagoda banyak didirikan di negara dengan komunitas umat Buddha yang besar. Indonesia juga memliki beberapa menara Pagoda yang salah satunya bisa dijumpai di kota Lumpia, Semarang. Yaa, menara Pagoda Avalokitesvara. Menara bertingkat 7 dengan bentuk segi delapan ini mungkin sering kita lihat di layar kaca lewat film-film bertema kisah Negeri Tiongkok dengan tokoh Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih).

Bangunan peribadatan Buddha yang resmi dibuka pada 2006 ini telah tercatat dalam rekor MURI(Museum Rekor Indonesia) sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia. Ornamennya bernuansa warna merah dan kuning dengan patung Dewi Kwan Im menghias ke-empat sudut atap bergaya Meru atau bertumpuk-tumpuk. Patung-patung ini menghadap ke arah utara, selatan, timur dan barat sebagai simbol kasih sayang sang dewi yang memancar ke segala penjuru arah.

Pada tingkat ke-7 Pagoda Avalokitesvara terdapat patung Amitaba, yaitu guru besar para dewa dan manusia dalam agama Buddha. Sedangkan di puncak Pagoda, ada sebuah Stupa yang dipajang untuk menyimpan relik (butir-butir kata) dari Sang Buddha.

Kawasan di sekitar Pagoda ditata apik dan asri. Banyak pepohonan yang membuat lingkungan menjadi teduh dan rindang untuk beristirahat atau bersantai. Keindahan menara Pagoda ditambah keunikan ornamen dan eksterior bangunan ala Cina menjadikan tempat ini kerap disinggahi para pelancong maupun peziarah.

Nah, jika Anda ingin melihat langsung menara Pagoda seperti di film "Siluman Ular Putih", jangan lupa kunjungi Pagoda Avalokitesvara di Jalan Perintis Kemerdekaan Watugong, Semarang. Oke!

Beranda

1 komentar:

  1. I’m extremely inspired with your writing abilities as smartly with the structure for your blog

    BalasHapus