Menuangkan Inspirasi Dan keinginan

Sunday, February 13, 2011

Tentang Seorang Anak SMP Yang Membuat Situs Ala Facebook (Salingsapa.com)


Pertama kali saya membaca berita bahwa seorang anak SMP berusia 13 tahun bernama Muhamad Yahya Harlan yg baru kelas 7a (SMP Kelas 1) bisa menciptakan situs jejaring sosial ala Facebook, Secara tidak langsung hati saya langsung bangga. Walaupun saya tidak kenal secara langsung dengan anak yang membanggakan orang tuanya itu, tapi menurut saya membuat model situs yang menjadikan Mark Elliot Zuckerberg sebagai millader termuda di dunia itu pastilah sangat sulit, Apalagi kalau dibuat oleh seorang anak Indonesia berusia 13 tahun. Dan kabar yang sangat membanggakan bagi bangsa ini yang senantiasa di jejali dengan berbagai berita politik, korupsi, bahkan kekerasan yang senantiasa terlihat di media cetak maupun elektronik.


Jika dibandingkan dengan saya umur segitu yang masih doyan maen game Super Mario di console Nitendo, bocah itu sudah bisa mengutak-atik CMS dan Theme. Dan hebatnya lagi situs salingsapa.com hanya di ciptakan kurang lebih 1 bulan. Bahkan yang sempat di katakan oleh beberapa orang sebagai facebook Indonesia Islami karena ada beberapa fitur berisi Khazanah dan Al-Quran, selain itu ada juga dinding, dan juga foto teman seperti halnya facebook.

“Awalnya saya lihat di news, ada orang Indonesia yang membuat semacam FB dengan bahasa Indonesia. Saya pikir, saya juga bisa buat yang sama dan lebih bagus lagi,” kata Yahya, ditemui di sekolahnya di kawasan Dago Atas, Kamis (10/2/2011) ——— terang anak yang hobi meng utak-atik computer ini kepada media.
http://www.salingsapa.com/uploads/avatars/201102/06_00_qv4ra.jpg
Bahkan karena hasil karyanya itu dia sempat mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Jumat (11/2/2011), ia menjadi satu dari 3 siswa SMP yang akan menyampaikan presentasinya di hadapan dosen dan mahasiswa ITB.

"Tetapi kebanggaan saya sedikit terusik, dengan salah satu postingan teman di salah satu forum yang mengatakan bahwa situs salingsapa.com menggunakan script gratisan yang bisa di download di http://demo.jcow.net/, awalnya saya tidak menghiraukan komen dari teman tersebut karena saya anggap mungkin dia cuma bercanda. Mana mungkin seorang anak yang masuk beberapa media nasional dan bahkan di undang untuk presentasi di depan dosen ITB itu membuat situs hanya berdasar script gartisan. Tetapi teman tersebut menyarankan saya untuk melihat source code dari situs salingsapa.com. Dan ternyata hasilnya memang seperti yang dikatakan teman saya itu"

source : http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/02/12/tentang-seorang-anak-smp-yang-membuat-situs-ala-facebook-salingsapacom/

Beranda

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages

SoraTemplates

Best Free and Premium Blogger Templates Provider.

Buy This Template