Skip to main content

Lokasi Penangkapan Ikan Hiu Semakin Jauh

KOMPAS.com - Lokasi penangkapan ikan hiu di Indonesia semakin menjauh. Hal itu terungkap dari hasil riset WWF Indonesia yang dilakukan bersama Yayasan TAKA, sebuah lembaga swadaya masyarakat berbasis di Semarang, Jawa Tengah. Kedua lembaga tersebut melakukan penelitian hiu di 13 lokasi dengan metode survei.

http://lh3.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/Sys2moPFaeI/AAAAAAAAMnQ/myHGvOf8Y2k/hiu-12.jpg

Aditya Kusuma Wardana dari TAKA yang terlibat dalam observasi ini mengungkapkan, menjauhnya lokasi tangkapan hiu bisa dilihat di Bali dan Lombok. Dahulu di Lombok, untuk menangkap hiu cukup di wilayah Lombok Selatan. Sekarang nelayan bisa sampai perairan perbatasan Australia. Sementara, nelayan Bali mencari hiu hingga ke wilayah Laut Aru. "Ini menandakan bahwa stok hiu di wilayah sekitar nelayan berada sudah sangat sedikit," ujarnya.

Menurut Aditya, Indonesia adalah penangkap hiu terbesar dunia, tetapi tidak masuk dalam 10 besar pengekspor hiu di dunia. Berdasarkan hasil survei, kata dia, diketahui bahwa sebagian besar hiu yang tertangkap merupakan by catch. Artinya, hiu bukan merupakan target utama penangkapan.

Berdasarkan hasil observasi, 5 jenis hiu yang sering tertangkap adalah jenis Liong Bun (white spot guitarfish), hiu martil, hiu biru, hiu monyet dan hiu tikus. Sementara, 5 hiu bernilai ekonomis tinggi ialah lion bun, hiu biru, hiu martil, hiu buas, dan hiu coklat. Hiu dimanfaatkan siripnya sebagai bahan pangan. 

Capture Fisheries Coordinator Marine Program WWF Abdullah Habibi mengatakan, hiu dan pari adalah ikan yang selalu dimanfaatkan tapi belum pernah dihitung stoknya. "Penting untuk melakukan survei ketersediaan hiu dan stok di Indonesia. Dengan demikian, bisa diperkirakan apakah hiu masih aman dikonsumsi atau tidak," katanya.

WWF dan TAKA menyusun beberapa rekomendasi untuk menyelamatkan hiu. Di antaranya adalah dibutuhkannya ilmuwan untuk menemukan solusi menurunkan by catch sebesar 70%.Selain itu, menurut Aditya, dibutuhkan juga regulasi perdagangan produk hiu serta cara menggeser kegandrungan mengonsumsi hiu.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Trick Bermain Left 4 Dead Multiplayer

Cara Bermain Left 4 Dead 1 LAN, Multiplayer, 1 Warnet, Bareng - Bareng, gini nih caranya,.,.,,.,.,.,.

Buat LAN play ada cara khususnya, soal menu LAN nya secara default gak nongol. Caranya, pertama-pertama aktifkan dulu console mode nya biar bisa masuk ke console. Caranya, tambahin -console di parameter pada shortcut Left 4 Dead nya (mis: C:\Program files\Left 4 Dead\Left4dead.exe -console)

terus di dalam menu utama, buat buka console, teken tombol tekan ( ~ ) letaknya disamping no 1 diatas (Tab) dibawah (Esc). @ Reza Muzay Blog

Untuk server:

1. Pastikan anda tahu alamat IP anda (buka command prompt lalu ketik "ipconfig /all", tanpa tanda petik

2. Masuk ke L4D (Left 4 Dead)

3. Buka console, dan ketik command-command berikut ini:


sv_lan 1 (tekan submit atau enter)
sv_allow_lobby_connect_only 0 (tekan submit atau enter)
net_start (tekan submit atau enter) map [map yg dituju] (tekan tombol ke bawah, trus cari tempat yang kamu sukai,,, lalu tekan submit atau enter)

4. Comm…

Lembaga-Lembaga Internasional Dan Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Internasional

Berdasarkan jumlah Negara yang menjalin kerja sama, bentuk kerja sama dapat dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
Kerja sama bilateral, yaitu kerja sama antara dua Negara berdasarkan perjanjian-perjanjian tertentu. Contoh : kerja sama di bidang perdagangan antara Negara Indonesia-Jepang, Indonesia-Singapura, dan lainnya. @ Reza Muzay BlogKerja sama multilateral, yaitu kerja sama antara Negara-negara di dunia berdasarkan perjanjian yang telah disepakati bersama. Kerja sama multiteral terbagi menjadi dua, yaitu kerja sama regional dan kerja sama internasional.kerja sama regional, yaitu kerja sama beberapa Negara yang berada di dalam satu kawasan atau wilayah. Contoh : Associan of Southeast Asian Nations (ASEAN), European Uniln (UE), dan sejenisnya.Kerja sama internasional, yaitu kerja sama beberapa Negara tanpa melihat jumlah peserta dan tidak terbatas pada wilayah Negara anggota. Kerja sama internasional meli…

Tips Ampuh Agar Setelah Bangun Tidur Badan Tidak Terasa Sakit

Pasti dari agan agan yang ada disini pernah merasakan nyeri di leher, punggung, dan bahu saat bangun pagi? Jika iya, maka coba perbaiki posisi tidur dan tata letak bantal kita.

Rasa letih setelah seharian kerja membuat kita ingin langsung merebahkan diri di atas kasur dan segera tidur. Namun, yang terjadi keesokan harinya malah badan terasa nyeri semua. Jangan langsung menyalahkan kualitas tidur kita saja, tapi periksalah posisi tidur dan bantal kita terlebih dahulu. Posisi tidur yang benar adalah kunci untuk bisa bangun segara pada pagi hari tanpa rasa nyeri atau sakit.

* Untuk yang tidur menyamping, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, maka tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang.

* Untuk yang tidur telentang, pertahankan kontur normal tulang belakang dan buat lutut kita lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala d…